Manchester United

widgeo.net

Selasa, 14 Januari 2014

Sebelum gw jelaskan bagaimana cara membuka gambar berformat RAW, alangkah baiknya kalau kita harus kenal dulu apa itu RAW sebenarnya..?

Tidak seperti halnya JPG, format RAW pada kamera digital bukanlah sebuah standar yang digunakan secara luas. Tiap merk kamera justru memiliki format RAW yang berbeda-beda seperti .CRW (Canon), .NEF (Nikon) dan .ORF (Olympus). Hal ini dikarenakan file RAW merupakan keluaran dari sensor yang masih belum diproses oleh kamera. Tiap merk kamera memiliki teknologi sensor yang berbeda secara jenis dan resolusi, yang mana data output dari sensor itu memerlukan teknik pemrosesan tersendiri sehingga menjadi file JPEG yang siap pakai.

File RAW merupakan perwujudan dari setiap piksel yang ada pada sensor, yang notabene adalah rangkaian peka cahaya yang tersusun secara baris dan kolom yang tiap pikselnya akan menangkap cahaya.

Sampai tahap di atas sensor belum menangkap warna, karena gambar yang dibentuk baru sebatas grayscale dari hasil tangkapan terang gelap sensor. Untuk itu di tiap piksel dipasang filter warna sehingga tiap piksel akan menangkap satu dari tiga warna berikut : Red (R), Green (G) dan Blue (B). Ambil contoh filter warna merah, piksel sensor yang dipadukan dengan filter merah akan menghasilkan keluaran grayscale namun berwarna merah. Sehingga jelas disini kalau setiap piksel selain memiliki informasi terang gelap (luminance) juga memiliki informasi warna (chrominance).

Keluaran dari sensor yang sudah mengandung informasi luminance dan chrominance dari setiap piksel pada sensor inilah yang dinamakan format RAW. Data ini masih berukuran besar (bisa mencapai puluhan mega byte) dan akan diproses lebih lanjut di dalam kamera, atau disimpan di memori sebagai file mentah siap olah.

mmm...Awalnya gw bingung untuk membuka file berformat RAW di komputer gw. Biasanya sih gw slalu bekerja dengan format JPEG aja sudah cukup. Tapi setelah gw banyak kenal dengan orang – orang yang memiliki Hoby Fotografer, justru mereka malah kasih file mentah berformat RAW untuk di edit. Mau tidak mau gw gak tinggal diam untuk cari tahu dengan bayak tanya ke temen – temen gw yang sudah mahir untuk soal beginian, Maklum masih pemula...

Bagaimana cara membuka file berformat RAW di photoshop???

Untuk membuka file RAW di photoshop diperlukan plugin, silakan download pluginya di sini. Jika sudah di download, langsung aja copy file yang berformat .8bi kedalam folder Program Files\Adobe\Adobe Photoshop\Plug-Ins\File Formats. Jika sudah, maka file raw sudah bisa di buka di adobe photoshop. Namun sebetulnya gak perlu repot – repot harus download plugin tsb apabila kita sudah memiliki program photoshop di komputer kita sendiri. Jadi secara otomatis hasil foto yang berformat RAW tersebut akan terbuka pada program photoshop. berikut tampilan pengeditan format raw.


Naah itu tampilan kalau foto yg berformat RAW secara otomatis masuk pada program photoshop. Dengan tool yang lebih lengkap akan memuaskan kita dalam mengedit foto...

Sorry gan, Sementara gw jelasin cara bagaimana membuka gambar berformat RAW dulu. Next gw akan jelaskan bagaimana pengeditan gambar berformat RAW di Photoshop.

24 komentar:

  1. tetap nggak bisa. saya pakai adobe photoshop cs5. apa itu berpengaruh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pengguna cs5 dan ingin menggunakan plugin camera raw ini bisa melalui adobe bridge gan.

      Hapus
  2. Lengkap banget gan tutorialnya. informatif. cocok buat para pelajar yang lagi nyari ilmu dasar photoshop.

    BalasHapus
  3. ini pas saya lagi ngambil gambar setting nya saya ubah jadi RAW di kamera bisa di buka tapi di komputer gk bisa ukuran file nya juga terlalu gede kayaknya 20MB~26MB biasanya cuman 6MB gmna nih gan ?

    BalasHapus
  4. pake picasa aja bisa
    tapi kualitas gambarnya menurun

    BalasHapus
  5. tetep gak bisa bro. apa karna cs6 ku bajakan?

    BalasHapus
  6. berhasil, keren.. makasih bos..

    BalasHapus
  7. tidak bisa !!!!!!
    blod hasil copas !!!!!!

    BalasHapus
  8. saya pake adobe photoshop cs3 ga bisa juga yh kenapa??....
    trus filenya coba di rubah ke dng pun sama hasilnya g bisa

    BalasHapus
  9. saya pake adobe photoshop cs3 ga bisa juga yh kenapa??....
    trus filenya coba di rubah ke dng pun sama hasilnya g bisa

    BalasHapus
  10. saya pake adobe photoshop cs3 ga bisa juga yh kenapa??....
    trus filenya coba di rubah ke dng pun sama hasilnya g bisa

    BalasHapus
  11. Saya pake adobe cs7 kok gak bs gan..
    Trus camera raw atw dng convrtr ny kok gak bs d copy,. File nya rar gan.
    Mohon arahanny gan.
    Plisss

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai Photoshop CC aja didalam nya dah ada Plugin RAW ny jadi g usah repot"

      Hapus
  12. Punya saya CS 4 tidak jadi.. Gimana donk gan?

    BalasHapus
  13. Izin comot ya gan. Makasih :)

    BalasHapus
  14. Izin download ya gan. Makasih :)

    BalasHapus
  15. Saya pakai cs6 tetap gak bisa om.. Mohon solusinya

    BalasHapus

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube