Manchester United

widgeo.net

Selasa, 21 Januari 2014

Sentani, Senin 20 Januari 2014 setelah pelaksanaan Upacara Bendera seluruh anggota Yonif 751/Raider melaksanakan Upacara tradisi korps pemasangan tali kur tanda jabatan yang disematkan oleh Wadanyonif 751/R Mayor Inf I Wayan Deddy Suryanto kepada bintara yang menduduki jabatan Komandan seksi markas batalyon (Dansimayon) dan para Bintara Pelatih (Batih) kompi bertempat di Lapangan apel Batalyon Infanteri 751/R. Upacara Tradisi Korps ini belum pernah dilaksanakan sebelumnya, dan baru pertama kalinya dilaksanakan oleh Batalyon Infanteri 751/Raider.
Dalam acaranya tersebut, Wadanyonif 751/R selaku pimpinan acara mengatakan bahwa pemasangan tali kur tersebut adalah sebuah tanda/lambang tanggung jawab agar si pemimpin merasa mempunyai tanggung jawab besar serta dedikasi yang tinggi dalam melaksankan Tugasnya sehingga akan menjauhi dari yang namanya defiasi.
Pemasangan tali kur itu menandakan bahwa peran dari Dansimayon dan para Batih Kompi harus ditingkatkan lagi. Bukan cuma sekedar dipakai. Tali kur juga meningkatkan kewibawaan yang memakainya. Sehingga anggota akan merasa lebih segan dan loyal terhadap Dansimayon dan para Batihnya yang berada di Kompi. Dengan itu juga Dansimayon dan Para Batih kompi wajib menguasai segala materi Tehnis dan Taktis yang akan diajarkan dan dilatihkan kepada anggotanya. Sehingga Dansimayon dan para Batih kompi akan lebih percaya diri di depan anggota dengan kesiapan materi yang dikuasainya.
Dalam hal ini hanya Bintara – Bintara yang memiliki jabatan strategis yang akan memakai tali kur dimana jabatan tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup besar. Disamping itu adapun warna yang sudah ditentukan dalam penggunaannya sesuai dengan jabatannya. Untuk jabatan Dansimayon menggunakan tali kur bewarna merah dan kuning. Sedangkan para Batih Kompi menggunakan tali kur yang berwara merah saja.
Adapun makna yang terkandung dari setiap warna-warna tersebut, yakni ;
(1) Warna merah ditandai dengan kepribadian yang kuat dan kegigihan dalam mengejar target yang menjadi sasarannya. Tipe ini sangat memegang komitmen dan berdedikasi tinggi. Dengan warna merah ini ia percaya bahwa pekerjaan itu sangat penting dan itu harus dilakukan dengan benar. Seorang yang menggunakan tali kur yang berwarna merah ini akan mau bergerak cepat, tepat , dan tuntas.
(2) Warna kuning ditandai dengan kepribadian yang memiliki loyalitas serta optimisme yang tinggi. Warna kuning merangsang aktivitas mental dan dapat menarik perhatian para anggota yang dipimpinnya. Warna kuning juga melambangkan Matahari yang berarti bahwa terang dan cerdas.
Diakhir amanatnya, Wadanyonif 751/R berharap agar kinerja Dansimayon dan para Batih mampu menghadirkan pemikiran kreatif dan cerdas dalam melatih anggotanya. Serta semangat yang membara dalam mengemban Tugas dan Tanggung Jawab guna membangun Batalyon Infanteri 751/R yang lebih tangguh.

0 komentar:

Posting Komentar